Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Sabtu, 03 November 2012

Tips Perawatan Wajah

0 komentar


  •   Perawatan Wajah dengan Pepaya
Buah-buahan hampir selalu ada di rumah anda bukan? Selain untuk dimakan, buah-buahan ternyata juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan anda.  Misalnya pepaya. Pepaya dapat digunakan sebagai “peeler” karena mengandung enzym yang dapat meluruhkan sel-sel kulit mati, hingga kulit menjadi bersih dan tampak licin.
Caranya, ambil kira-kira  ¼  buah pepaya matang, kupas dan lumatkan. Oleskan pada wajah. Biarkan kurang lebih 10 menit. Kemudian cuci wajah dengan air hangat. Cocok untuk perawatan segala jenis kulit.
  •   Perawatan Wajah dengan Pisang
Pisang mengandung zat pelembab. Digunakan untuk perawatan wajah kering.  Pilih sebuah pisang ambon masak yang segar. Buang kulitnya dan lumatkan. Anda dapat mengoleskan pada wajah begitu saja sebagai pelembab. Atau gunakan sebagai masker dengan menambahkan 2 sendok makan minya Zaitun yang dihangatkan. Setelah itu, perciki wajah dengan air dingin.
  •   Perawatan Wajah dengan Adpukat
Selain mengandung protein yang baik untuk kesehatan kulit, daging adpukat juga berfungsi sebagai pelembab. Untuk perawatan kulit kering, dapat digunakan sebagai masker. Caranya, siapkan  ½ buah adpukat matang. Ambil daging buahnya dan lumatkan. Tempatkan dalam wadah bersih ddan wadah ini dimasukkan dalam wadah lain yang berisi air panas. Setelah adpukat hangat, buat masker dan biarkan 20 menit. Bersihkan wajah dari masker dengan air hangat, kemudian diikuti dengan percikan air dingin pada wajah.
  •  Perawatan Wajah dengan Tomat
Sari buah tomat segar baik bila digunakan untuk kulit wajah berminyak. Khasiatnya dapat meringkaskan pori-pori kulit hingga kulit tampak licin. Caranya, hancurkan 2 buah tomat masak dan segar bersama kulitnya. Oleskan pada wajah dan diamkan kurang lebih 20 menit. Setelah itu, cuci wajah dengan air hangat. Kemudian ulangi dengan air dingin.
  • Perawatan Wajah dengan Nanas
Caranya, kupas kulitnya dan potong tipis melintang. Kemudian tempelkan pada kulit wajah. Setelah kurang lebih 10 menit, cuci wajah dengan air dingin.
  •  Perawatan Wajah dengan jeruk Nipis
Jeruk nipis dapat digunakan untuk perawatan wajah. Caranya jeruk nipis diiris lalu digosok-gosokkan pada kulit wajah. Hasilnya akan memperkecil pori-pori kulit dan dapat melenyapkan kelebihan lemak pada kulit wajah. Dengan demikian, wajah akan halus dan insya Allah bebas dari jerawat.
  • Selain itu, jeruk nipis juga bisa dipakai untuk masker wajah dan penghitam rambut. Untuk masker, caranya sebagai berikut. Sediakan jeruk nipis 1 buah. Ambil airnya dan sediakan juga telur 1 butir yang telah dikocok. Campurkan keduanya dan dikocok. Gunakan sebagai masker. Oleskan tipis pada wajah. Tunggu sampai kering dan oleskan lagi. Lakukan 3 sampai 4 kali olesan. Diamkan kurang lebih 20 menit dan angkat dengan air hangat. Kemudian cuci wajah dengan air dingin. Cocok untuk kulit berminyak.
  • Perawatan Wajah dengan Kentang
Kentang ternyata memiliki khasiat untuk perawatan wajah, terutama untuk menghilangkan jerawat. Caranya? Ambillah sebutir kentang. Kupas kulitnya, kemudian potong tipis-tipis. Tempelkan potongan-potongan kentang itu ke seluruh wajah anda dan biarkan warna kentang itu menjadi keabu-abuan dan kering. Sebelum ditempelkan warna kentang biasanya kuning segar. Dengan melakukannya secara teratur, misalnya sekali pada malam hari, insya Allah wajah anda akan bersih dari jerawat. Untuk menormalkan kulit berminyak anda dapat pula menggunakan cara tersebut.
Sementara itu, parutan kentang berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat yang tersisa. Caranya, gosokkanlah parutan kentang itu pada noda-noda jerawatsampai kering airnya. Kemudian, bilaslah dengan air bersih. Dengan melakukan cara ini, wajah anda akan halus tanpa bercak-bercak yang mengganggu penampilan anda.
  • Perawatan Wajah dengan Kulit Pohon Duku
Duku adalah salah satu tanaman untuk obat tradisional yang terkenal di Indonesia, termasuk untuk perawatan wajah. Yaitu kulit pohon duku yang dapat digunakan sebagai pembasmi jerawat. Caranya, ambil beberapa keping kulit pohn duku (dari pohoh yang masih hidup, dan bukan yang kering). Cuci sampai bersih. Setelah digiling dan ditumbuk sampai halus, gosokkan pada muka. Biarkan 15 menit lakukan setiap akan mandi. Setelah 15 menit bersihkan dengan air dingin. Jika anda melakukannya secara teratur, insya Allah jerawat diwajah anda akan hilang. Akan tetapi jika cara ini tidak cocok bagi kulit anda, sebaiknya jangan diteruskan, karena setiap orang memiliki kulit yang berbeda daya tahannya.
  •  Perawatan Wajah dengan Bawang Putih
Bawang putih dapat digunakan sebagai obat pencegah munculnya jerawat. Biasanya, sebelum jerawat muncul, permukaan kulitnya terasa sakit. Dibawah kulit terasa ada sesuatu yang keras.  Jika anda cepat-cepat menggosokkan irisan bawang putih diatasnya beberapa kali, insya Allah jerawat tidak akan jadi muncul.
  •  Perawatan Wajah dengan Putih Telur
Putih telur dapat dimanfaatkan untuk masker kulit wajah yang dapat berkhasiat memperkecil pori-pori kulit, menghilangkan kelebihan minyak, dan juga dapat menghilangkan noda-noda jerawat pada muka. Untuk mendapatkan hasil yang baik, gunakan telur ayam kampung. Ambil putihnya saja dan kocok sampai mengembang. Setelah itu, dapat anda tambahkan perasan jeruk lemon, tetapi boleh juga tidak. Oleskan adonan ini secara merata pada wajah. Biarkan cairan putih telur itu menjadi kering selama 20-25 menit. Baru kemudian dicuci dengan air hangat suam-suam kuku. Untuk wanita dewasa cukup sekali seminggu dan dua  minggu sekali untuk usia remaja.
  •  Perawatan Wajah dengan Madu
Selain sebagai campuran minum jamu, madu ternyata berkhasita untuk perawatan kecantikan wajah. Madu yang dipergunakan untuk perawatan kecantikan wajah, dapat dipergunakan untuk semua jenis kulit, baik kulit kering, kulit berminyak, maupun kulit wajah yang normal. Khasiat itu adalah sebagai pembersih noda-noda. Noda yang berada diwajah berupa bintik-bintik hitam bisa dihilangkan dan dihaluskan dengan menggunakan madu yang hangat. Caranya, hangatkan 3 sendok teh madu kemudian ratakan diseluruh wajah yang terdapat bintik-bintik atau noda hitam/flek. Sedangkan bila kulit wajah terlihat suram penuh bercak, madu itu bisa dicampur dengan satu sendok terigu. Kemudian biarkan kurang lebih 15 menit setelah diratakan pada kulit wajah. Lalu bilaslah dengan air dingin agar pori-pori wajah yang terbuka akan tertutup.
Bila kulit wajah terlihat kasar, kita bisa memanfaatkan madu untuk menghaluskannya. Caranya, dengan masker madu dan putih telur. Masker madu dibuat dengan mencampurkan sedikit madu dengan kocokan putih telur dari 1 butir telur. Setelah itu, oleskan pada wajah dan biarkan kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit. Lalu, bilaskan dengan air hangat. Kulit insya Allah akan nampak halus dan cantik.
  • Perawatan Wajah dengan Bedak Dingin Buatan Sendiri
Di daerah pedesaan, perawatan kecantikan wajah seringkali menggunakan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitarnya. Bedak dingin merupakan ramuan sederhana yang diolah dari bahan-bahan alami yang mudah didapat. Bahan-bahan pembuatan bedak dingin itu adalah: 1 gelas beras putih direndam 3 malam berturut-turut (setiap hari airnya diganti yang baru), pucuk daun jambu biji kira-kira dua genggam, bunga kenanga secukupnya sebagai pengharum, dan akar tinggal (rimpang kecil) rumput teki secukupnya untuk penambah aroma bedak dingin yang khas.
Cara membuatnya: daun jambu biji dihaluskan dengan cobek ataupun blender sampai lumat betul. Bunga kenanga dan rimpang rumput juga dihaluskan. Campurkan dengan daun jambu biji yang sudah dihaluskan tadi. Beras putih ditiriskan kemudian dihaluskan. Semua bahan diuleni sampai betul-betul merata, kemudian dibentuk bulatan-bulatan kecil. Kemudian dijemur di panas matahari sampai kering. Cara menggunakan, ambil beberapa butir bedak dingin dicampur dengan air hangat dan air jeruk nipis. Oleskan pada wajah secara merata. Gunakan setiap pagi dan sore sebelum mandi. Hasilnya insya Allah wajah anda jadi halus dan berseri-seri.
  • Perawatan Wajah dengan Air Teh dan Temulawak
Air teh selain enak untuk diminum, ternyata juga berkhasiat menghilangkan noda hitam bekas jerawat pada wajah. Selain itu juga dapat membuat wajah menjadi tampak berseri dan awet muda. Caranya mudah. Diamkan atau embunkan air teh beserta daun tehnya selama sehari semalam lalu gunakan untuk membasuh muka (bhs. Jawa: raup). Sebaiknya hal tersebut dilakukan setiap pagi setiap bangun dan setiap malam menjelang tidur. Sedang untuk pengobatan dari dalam,  Anda dapat meminum air temulawak yang dicampur dengan gula merah dan asem Jawa. Bagi anda yang belum pernah meminum jamu, jangan khawatir, karena air temulawak ini rasanya segar dan manis, apalagi bila diminum dalam keadaan dingin.
  • Perawatan Wajah dengan Daun Seledri, Buah Apel, dan Buah Mentimun
Bagi Anda yang ingin perawatan kulit agar tampak halus dan mulus, terutama kulit bagian muka, maka ada beberapa cara yang bisa digunakan. Untuk kulit berminyak bisa menggunakan daun seledri. Caranya, ambil daun seledri secukupnya kemudian iris kecil-kecil lalu masukkan dalam mangkuk yang berisi air panas dan biarkan sampai 20 menit lamanya. Simpan dalam lemari es dan gunakan pada malam hari untuk di oles-oleskan pada muka. Setelah kering kemudian dibersihkan.
Untuk kulit kering, bisa menggunakan buah apel atau buah mentimun. Untuk buah apel, caranya buah apel diiris-iris lembut, lalu airnya digosokkan pada kulit muka dan biarkan sampai mengering setelah itu bersihkan dengan air dingin. Sedang dengan buah mentimun, caranya sama. Mentimun diiris-iris kemudian airnya dipergunakan untuk membasuh muka sehingga akan menjadi segar.

0 komentar: